Kamis, 25 Desember 2008

Tips Memberi Motivasi yang Baik

Salah satu faktor yang membuat staf atau bawahan anda bekerja dengan baik dan profesional sesuai dengan harapan institusi, banyak tergantung pada manajemen lembaga dalam mengarahkan stafnya. Pendekatan persuasif yang menyentuh dimensi psikologis seorang staf dalam bentuk motivasi, bisa memicu semangat bekerja lebih baik lagi.

Motivasi dalam hal ini merupakan skill untuk mendapatkan kinerja yang memuaskan dari staf Anda secara umum. Hal terbaik dalam memotivasi adalah membangkitkan kesadaran staf agar bisa memotivasi dirinya sendiri. Bahwa apa yang dilakukan dalam menciptakan iklim di mana motivasi diharapkan bisa berkembang.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan:
- Harapkan sesuatu yang terbaik dari staf anda. Perilaku Anda akan mencerminkan keyakinan Anda. Bahwa Anda tidak perlu mengawasi dari dekat. Anda akan menaruh kepercayaan pada mereka. Anda sekali-kali mendelegasikan taggung jawab secara bergiliran, tidak hanya pada orang tertentu, karena bisa melahirkan kecemburuan dan mengganggu skenario kerja.

- Perlakukan staf Anda seperti orang dewasa tanpa perlu diawasi secara ketat, berikan kesempatan untuk berekspresi agar bisa melahirkan kinerja yang lebih maksimal. Sebagaimana hakekat orang dewasa yang patut dihargai, didengarkan ide-idenya, dan mengambil kebijakan penting dan strategi. Hindari perhatian yang melebihi batas yang bisa membuat staf Anda gugup dan tidak bisa konsentrasi. Suasana yang baik diupayakan bisa tercipta terus.

- Perlakukan staf anda seperti pelanggan. Secara teratur, mintalah umpan balik pada mereka apa yang telah dilakukan, apa kendala yang dihadapinya dan bagaimana idealnya ke depan. Kalau anda diharapkan merubah sikap dan sistem yang berlaku, tidak ada salahnya mengikuti, mungkin bisa jadi solusi yang terbaik. Harus di ingat, bukan hanya pikiran Anda yang bisa cemerlang, dalam ide-ide cerdas bawahan juga bisa melahirkan konsep yang ideal bagi institusi yang Anda pimpin. Lagi pula menerima ide-ide cemerlang mereka bisa melahirkan rasa memiliki dan tanggungjawab yang besar dalam mensukseskan ide-ide di maksud.

- Berikan penghargaan pada staf Anda yang telah menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Karena orang bisa bertambah puas jika mereka mendapat sesuatu yang berbeda dari penilaian Anda, juga bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka meningkat. Bahkan mereka bisa lebih siap menerima tugas-tugas baru yang mungkin lebih berat dari sebelumnya.

- Jangan lupa Anda membuat harapan-harapan dan menetapkan secara khusus agar bisa dijadikan acuan lebih lanjut. Libatkan staf anda untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai. Keterlibatannya, bisa meningkatkan komitmen dan konsistensinya dalam agenda besar yang diharapkan. Prestasi yang tercipta, harus dibalas dengan imbalan khusus.

- Secara teratur Anda menemui staf-nya untuk mengkaji beberapa hal penting, diantaranya: bagaimana tindakan Anda sebagai pembimbing selama berlangsungnya pekerjaan? Apa saja yang mereka perlukan untuk menunjang keberhasilan pekerjaan? Apa tantangan yang sering kali dihadapinya? Apakah mereka masih siap menerima pekerjaan baru yang lebih berat? Dan sekian pertanyaan yang berkaitan dengan agenda program (pekerjaan) yang ingin dicapai.

- Jangan biarkan kegagalan merusak keyakinan diri staf Anda. Dorong mereka mencoba lagi, tekankan betapa dalamnya kepercayaan Anda pada mereka. Jangan hianati kepercayaan dari staf kerja Anda.

- Tantang staf Anda dengan sejumlah pekerjaan dan keputusan yang meningkat. Biarkan mereka bersama waktu dan tempat untuk berkembang. Makin banyak yang mereka perbuat, makin cepat mereka bisa menyerap beberapa pekerjaan yang kurang menantang. Sehingga Anda bisa lebih konsentrasi pada pekerjaan yang membutuhka skill terbaik Anda.

- Hargai waktu staf. Jangan meminta mereka untuk melakukan sesuatu yang orang lain akan melakukan, kecuali kalau hal itu mendesak. Jangan terus-menerus mengintervensi mereka, kecuali kalau benar-benar diperlukan. Berikanlah kesempatan kepada mereka menyelesaikan tugasnya dengan baik. Jangan perlakukan staf anda sebagai “kambing hitam� ketika ada sesuatu yang salah terutama jika Andalah penyebab masalah tersebut.

- Hal terpeting agar staf Anda bisa lebih professional dalam pekerjaannya, maka anda perlu mengagendakan pembangunan kapasitas untuk staf anda. Kirim mereka ke lembaga training yang lebih baik dan berkualitas, berikan pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang dihadapi. Semoga bermanfaat. (diolah dari buku Collin Stoneberg, The Manager:61 Quick Tips and Techniques for Great Result� Hard shell Publishing House 2005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar